Keutamaan Malam Nisfu Syaban dan amalanya

Keutamaan Malam Nisfu Syaban dan amalanya, malam penuh keistimewaan



Di bulan ini kita patut bersyukur karena terdapat waktu yang istimewa yaitu malam nisfu sya'ban.


Bagaimana keistimewaanya dan Amalanya?

Nisfu berasal dari kata nasyafa, yanshifu, nashfan yang artinya pertengahan atau mencapai tengah. Sedangkan Sya'ban adalah nama bulan Sya'ban. 

Jadi Nisfu Sya'ban adalah waktu pertengahan bulan atau bertepatan dengan tanggal 15 bulan Sya'ban.

Imam Al Ghozali dalam kitab Ihya' Ulumuddin menyebutkan bahwa malam nisfu sya'ban sebagai malam yang penuh dengan syafa'at atau pertolongan.

Dimana pada tanggal 13 bulan Sya'ban, Allah SWT memberikan sepertiga syafa'atnya kepada hambanya. Sedangkan di malam 14 nya seluruh syafa'atnya akan diberikan secara penuh. 

Dengan demikian pada malam ke 15 bulan Sya'ban, umat islam dapat memiliki banyak sekali keutamaan/ kebaikan sebagai penutup amal selam setahun. 

Diriwayatkan dari Usamah bin Zaid yang merupakan putra angkat Rosulullah SAW bahwa ia pernah bertanya kepada Rosulullah. 

"Wahai Rosulullah, aku belum pernah melihat engkau berpuasa satu bulan penuh sebagai mana engkau berpuasa di bulan Sya'ban?"

Mendengar pertanyaan itu, Rosulullah menjawab

"Ini adalah bulan yang sering dilalaikan banyak orang, bulan antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan dimana amal-amal akan diangkat menuju Rab semesta alam. Dan aku ingin ketika amalku diangkat, aku dalam kondisi berpuasa." (HR. An-Nasa'i, Ahmad dan sanadnya dishahihkan oleh Ibnu Husaimah)

Hal penting yang perlu kita cermati bahwa pada malam Nisfu Sya'ban, Allah SWT memberikan pengampunannya. 

Sehingga kita harus meyakini bahwa pengampunan dan rahmat Allah SWT akan menyertai orang yang menghidupkan malam nisfu sya'ban.

Dalam kitab Fadhall Al-Awqaat, Imam Baihaqi menulis, "dari Mu'adz bin Jabar, Rosulullah SAW bersabda :

"Sesungguhnya Allah memperhatikan malam Nisfu Sya'ban dimana dia akan mengampuni dosa seluruh makhluk-Nya kecuali orang yang musyrik atau orang yang bermusuhan." (HR. Baihaqi, Ibnu Majah, Thabrani dan Daruquthni)

Hal ini sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh Imam Syafi'i dalam kitab Al Umm bahwa "Telah sampai kepada kami bahwa doa dikabulkan pada lima malam, yaitu awal malam bulan Rajab, malam nisfu sya'ban, dua malam hari raya dan malam jumat.

Untuk itu kita sangat dianjurkan menghidupkan malam Nisfu Sya'ban, diantaranya 
  • Memperbanyak doa
  • Memperbanyak membaca dua kalimat syahadat
  • Banyak beristihgfar memohon ampunan kepada Allah SWT
  • Memperbanyak sholat sunah
  • Membaca Al Quran
  • Memperbanyak dzikir
  • Memperbanyak sedekah dan kebaikan lainya
Juga terdapat keutamaan dari membaca doa Nisfu Sya'ban setelah melaksanakan sholat mutlaq 2 rakaat. 

Lebih utama lagi dengan melaksanakan sholat tasbih 4 rakaat yang terbagi menjadi 2 salam.

dilanjutkan dengan membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali.



Yasin pertama : memohon dipanjangkan umurnya sehat jasmani dan rohani untuk beribadah kepada Allah SWT

Yasin kedua : Memohon rizki yang berkah dan melimpah

Yasin ketiga : Memohon keteguhan iman, istiqomah dan husnul khotimah



Kemudian membaca doa


Ya Allah, Dzat pemilik anugerah, bukan penerima anugerah. Wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan. Wahai dzat yang memiliki kekuasaan dan kenikmatan. Tiada tuhan selain engkau, engkaulah penolong para pengungsi, pelindung para pencari pelindung, pemberi keamanan bagi yang ketakutan. Ya Allah, jika engkau telah menulis aku di sisiMu di dalam ummul kitab sebagai seorang yang celaka atau terhalang atau tertolak atau sempit rizqi, maka hapuskanlah wahai Allah, dengan anugerahMu, dari ummul kitab akan celakaku, terhalangku, tertolak ku, dan kesempitan dalam rizqi,dan tetapkanlah aku disisiMu, dalam ummul kitab sebagai orang yang beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik dalam melakukan kebajikan.

Sungguh Engkau telah berfirman dan firmanMu pasti benar, di dalam kitab suciMu yang engkau turunkan dengan lisan nabi-Mu yang terutus : "Allah menghapus apa yang dikehendaki dan menetapkan apa yang dikehendakinya dan di sisi Allah terdapat ummul kitab.

Wahai tuhanku, demi keagungan yang tampak di malam pertengahan bulan Sya'ban nan mulia, saat dipisahkan segala urusan ayng telah ditetapkan dan yang dihapuskan, hapuskanlah dariku bencana, baik yang diketahui maupun yang tidak diketahui.

Engkaulah yang maha mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, demi rahmatMu wahai Tuhan yang maha mengasihi. Semoga Allah melimpahkan sholawat dan salam kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya. Amin

Mudah-mudahan kita semua termasuk orang-orang yang menghidupkan malam nisfu sya'ban dan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa kita serta senantiasa mendapatkan limpahan rahmatNya. Amin ya Robbal 'alamin

Wallahu a'lam bish-shawabi

Posting Komentar untuk "Keutamaan Malam Nisfu Syaban dan amalanya"