Stolon (Geragih) pada Stroberi

Stoberi merupakan tumbuhan yang berkembang biak dengan stolon atau geragih yaitu bagian dari tumbuhan yang tumbuh memanjang dan menjulur, dan jika bagian tumbuhan tersebut telah menjadi batang menyentuh permukaan tanah akan tumbuh akar dan menjadi tanaman baru. 

 
Tanaman stroberi mempunyai sifat menjalar, sehingga tanaman ini mudah berkembang biak dengan dengan cepat melalui vegetatif alami yaitu dengan stolon atau geragih.

Sehingga untuk mendapatkan tanaman stroberi baru, kita dapat menyediakan media tanam untuk dilalui batang stroberi dan biarkan batang tersebut tumbuh akar yang memungkinkan menjadi tanaman baru.

Selain stroberi, tumbuhan yang berkembangbiak dengan stolon/ geragih antara lain Arbei, Semanggi,  Pegagan atau antanan, Rumput teki, dan Rumput grinting.

Stroberi merupakan buah yang sangat populer. Disamping kaya akan vitamin, buah ini juga mempunyai rasa yang segar unik dan warnanya yang merah menarik.

Sehingga buah ini sering dijadikan buah konsumsi, minuman, campuran dan hiasan makanan dan juga bahkan dijadikan maskot untuk makanan tertentu.

Memang stroberi mempunyai rasa yang manis, namun terkadang stroberi ada yang rasanya terlalu masam.

Beberapa jenis stroberi yang ada di Indonesia

1. Sweet charlie berasal dari Amerika Serikat 
2. Oso grande berasal dari California
3. Tristas Varietas stroberi berasal dari Amerika Barat 
4. Nyoho berasal dari Jepang Selatan dan Korea. 
5. Hokowaze berasal dari Jepang Utara 
6. Rosa linda berasal dari Florida. 
7. Chandler berasal dari California. 

Mengapa stroberi ada yang masam atau kecut?


Manis dan asamnya buah stroberi dapat dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. 

Faktor internal yaitu karena jenis varietasnya. Jenis unggul atau bukan. Jenis unggul adalah yang telah melalui proses bioteknologi atau rekayasa genetik baik persilangan atau pun mengubah gen dengan radiasi melaui proses dan penelitian.

Faktor Eksternal, merupakan faktor lingkungan dimana tanaman tersebut tumbuh. Stroberi adalah tanaman subtropis yang membutuhkan suhu 17 - 20 derajat C dengan curah hujah 600 - 700 mm/tahun.

Contoh di Malino Kabupaten Gowa Sulsel, dengan suhu rata-rata 27 derajat C dengan curah hujan 237 mm/tahun. Maka buah yang dihasilkan cenderung akan mengalami kualitas yang menurun.

 
Apa manfaat stroberi bagi tubuh?

1. Banyak mengkonsumsi stroberi dapat menurunkan berat badan, kandungan air yang banyak pada buah ini membuat kita kenyang. Untuk kadar gula dan karbohidrat pada stroberi termasuk rendah sehingga aman dikonsumsi.
 
2. Stroberi kaya akan vitamin C yang baik untuk ddaya tahan tubuh.

3. Stroberi bermanfaat juga untuk kesehatan jantung karena banyak mengandung Antosianin . 

4. Stroberi adalah kaya akan ellagiannis serta asam ellagic. Keduanya merupakan senyawa antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. 

5. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa manfaat stroberi dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker melalui kemampuannya melawan stres oksidatif dan peradangan. Manfaat stroberi terhadap kanker juga berasal dari asam ellagic dan ellagitannin, yang telah terbukti dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker

Posting Komentar untuk "Stolon (Geragih) pada Stroberi"