Tanaman Sayuran yang Cocok di Dataran Tinggi

Dataran tinggi atau plato sangat berpotensi untuk mengembangkan usaha pertanian sayuran karena tanah dan suhu udara yang mendukung. contohnya stroberi, kentang, wortel, kubis/ kol dan brokoli. dalam artikel ini juga memuat ciri-ciri dan contoh dataran tinggi yang ada di Indonesia


Dataran tinggi atau plato merupakan dataran (tanah luas) yang terletak pada ketinggian di atas 700 m dari permukaan air laut. 

Dataran tinggi terbentuk dari erosi, sedimentasi dan juga dapat terbentuk karena bekas kaldera yang luas, yang tertimbun material gunung yang berada di sekitarnya. 

Suhu rata-rata dataran tinggi berkisar 15-20 °C di siang hari dan di malam harihanya 10 °C, bahkan pada waktu dan situasi tertentu suhu dapat turun drastis mencapai 0 derajat celcius.


Beberapa hasil pertanian (sayuran) yang cocok di tanam pada dataran tinggi

1. Strowberi

Strowberi merupakan buah yang banyak dicari untuk diolah sebagai minuman, sajian buah, dan hiasan makanan. Hal ini karena straberi memiliki rasa yang segar dan warnaya yang merah cerah yang menarik.

Stroberi mempunyai rasa yang manis dan sedikit asam, namun terkadang kita menjumpai stroberi yang rasanya terlalu asam, mengapa? 

Strowberi ini mudah tumbuh apabila di daerah yang sejuk seperti dataran tinggi. Tanaman ini membutuhkan waktu penyinaran setidaknya selama 10 jam sehari. Tanaman ini juga membutuhkan curah hujan sebanyak 600-800 mm/ th, dan membutuhkan suhu sekitar 20 derajat celcius.

2. Wortel


Wortel merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin A sehingga keberadaannya pun sangat dibutuhkan oleh manusia. untuk menanam wortel, dibutuhkan suhu antara 15,6 – 21,1 derajat celcius. 

3. Kubis atau Kol


Tanaman kubis atau kol merupakan tanaman sayuran yang mudah ditemukan di dataran tinggi. Kubis juga merupakan sayuran yang banyak dibutuhkan masyarakat. Kubis sangat cocok di tanam pada dataran tinggi.

4.Kentang


Kentang merupakan umbi-umbian yang bisa digunakan sebagai pengganti makanan pokok. Keberadaan kentang ini sangat dibutu sebagai makanan pengganti nasi atau dijadikan makanan-makanan olahan lainnya. Kentang juga memiliki harga yang cukup stabil dan produktif.

5. Brokoli

Brokoli pada umumnya ditanam di daerah yang berhawa sejuk, di dataran tinggi 1000–2000 m dpl dan bertipe iklim basah. Brokoli akan mencapai pertumbuhan optimum pada tanah yang banyak mengandung humus, gembur, porus, dengan pH tanah antara 6–7. Waktu tanam yang baik adalah pada awal musim hujan atau awal musim kemarau.


Keadaan wilayah dataran tinggi secara umum adalah sebagai berikut :

1. Udara Kering 

Udara kering pada dataran tinggi disebabkan karena udara yang mengandung uap air bergerak naik ke atas pegunungan. Akibat penurunan suhu, udara tersebut terkondensasi dan turunlah hujan pada lereng yang berhadapan dengan arah datangnya angin. 

Udara ini terus bergerak ke atas akhirnya turun ke sisi lereng di belakangnya, tetapi tidak lagi mengandung uap air. 


2. Kelembaban Udara Dataran Tinggi

Kelembapan adalah konsentrasi uap air di udara atau kapasitas udara untuk menampung uap air. 

Suhu dan udara akan mempengaruhi kelembaban udara di daerah dataran tinggi. Karena tingkat udara yang terbilang kering dan suhu yang dapat mencapai 0 derajat celcius maka tak mengherankan jika konsentrasi kelembapan udara pada dataran tinggi juga rendah.


3. Amplitudo Dataran Tinggi

Amplitudo suhu atau simpangan suhu adalah perbedaan suhu yang terjadai akibat adanya penurunan dan kenaikan suhu rata-rata suatu tempat. Wilayah dataran tinggi memiliki amplitudo yang cukup besar.


4. Curah Hujan Rendah 

Pada dataran tinggi curah hujan yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan dengan dataran rendah dengan alasan sebagai berikut:

  • Faktor garis lintang,  garis lintang adalah salah satu yang mempengaruhi banyak sedikitnya curah hujan.  Semakin rendah garis lintang semakin tinggi curah hujan yang dihasilkan, karena pada garis lintang rendah suhu akan jauh lebih tinggi dibandingkan geris lintang lebih tinggi, hal itulah yang menyebabkan penguapan yang tinggi pada garis lintang rendah dan penguapan yang tinggi mengakibatkan curah hujan yang tinggi.  
  • Ketinggian tempat,  semakin tinggi suatu tempat maka kuantitas hujan pun akan semakin rendah dengan alasan bahwa suhu yang rendah akan mengurangi penuapan di tempat tersebut
  • Jarak dari sumber penguapan, dekat dengan  sumber penguapan maksunya lebih dekat dengan laut. Karena laut adalah sumber paling utama pada penguapan yang menjadi sumber hujan. Pada daerah  tinggi sumber penguapan lebih jauh dari pada daerah dataran rendah sementara angin yang membawa uap air akan menjatuhkan volumenya sesegara mungkin,  maka dari itu tempat rendah jauh akan lebih banyak terkena hujan.
  • Perbedaan suhu daratan dan  lautan, perbedaan suhu pada daratan dengan lautan termasuk yang mempengaruhi kuantitas atau banyaknya curah hujan yang diturunkan.  Ini karena perbedaan suhu antar elemen itu akan memperkaya hasil penguapan yang akan dihasilkan.
  • Luas daerah, semakin luas daerah akan semakin tinggi curah hujan yang diturunkan.  Pada dataran tinggi daerah relatif kecil apabila dibandingkan dengan dataran rendah. Maka tidak mengherankan jika pada daerah dataran rendah curah hujan akan lebih tinggi.


Beberapa contoh dataran tinggi yang ada di Indonesia

1. Dataran Tinggi Dieng, terletak di Kabupaten Wonosobo, Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

2. Dataran Tinggi Bandung, Jawa Barat. Salah satu dataran tinggi yang memiliki pemandangan indah bandung dan memiliki udara sejuk.

3. Dataran Tinggi Puncak, Bogor. Dataran ini biasanya dijadikan tempat wisata penduduk ibu kota.

4. Dataran Tinggi Malang, Jawa Timur. Dataran ini berisikan berbabagi wisata dan pohon apel.

5. Dataran Tinggi Alas, Aceh.

6. Dataran Tinggi Barui, Sulawesi Tengah.

7. Dataran Tinggi Bingkoku, Sulawesi Tenggara. salah satu dataran tinggi yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

8. Dataran Tinggi Bone, Sulawesi Selatan. Dataran tinggi yang mana menjadi tempat tinggal suku khasnya.

9. Dataran Tinggi Bukit Barisan, Bengkulu. Salah satu dataran tinggi terkenal di Bengkulu.

10. Dataran Tinggi Chales Louis, Papua. Salah satu dataran tinggi di Papua.

Posting Komentar untuk "Tanaman Sayuran yang Cocok di Dataran Tinggi"