Apa arti dari duduk tawaruk?



Apa arti dari duduk tawaruk?

Jawaban :

Duduk tawaruk adalah duduk pada saat tahiyyat/ tasyahud akhir ketika kita sedang sholat.

Cara duduk Tawaruk dilakukan dengan menegakkan kaki kanan dan menghamparkan kaki kiri di bawah kaki kanan dan pantat menyentuh lantai. Duduk tawaruk atau duduk tasyahud akhir ini dilakukan pada rakaat terakhir dalam sholat.

Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam shahihnya dari Muhammad bin ‘Amr bin ‘Atha’ bahwa beliau pernah duduk bersama beberapa orang dari sahabat Nabi Muhammad saw. Lalu kami pun menyebutkan tentang shalatnya Rasulullah saw. Kemudian Abu Humaid As-Sa’idi berkata,


Artinya:

“Aku adalah orang yang paling menghafal di antara kalian tentang shalat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Aku melihatnya tatkala bertakbir, beliau menjadikan kedua tangannya sejajar dengan kedua pundaknya. Jika ruku’, beliau menetapkan kedua tangannya pada kedua lututnya, lalu meluruskan punggungnya. Jika mengangkat kepalanya, beliau berdiri tegak hingga kembali setiap dari tulang belakangnya ke tempatnya. Jika sujud, beliau meletakkan kedua tangannya tanpa menidurkan kedua lengannya dan tidak pula melekatkannya (pada lambungnya) dan menghadapkan jari-jari kakinya ke arah kiblat. Jika beliau duduk pada raka’at kedua, maka beliau duduk di atas kaki kirinya dan menegakkan kaki kanan (duduk iftirasy). Jika duduk pada raka’at terakhir, beliau mengedepankan kaki kirinya dan menegakkan kaki yang lain (kaki kanan), dan duduk di atas lantai – bukan di atas kaki kiri- (duduk tawarruk).”

Nah demikian gambaran dari duduk tawaruk, mudah-mudahan bermanfaat

Posting Komentar untuk "Apa arti dari duduk tawaruk?"