Bacaan Doa Sesudah Sholat Dhuha Beserta Arab, Latin dan Arti Indonesia. Amalan Melancarkan Rezeki


Sholat dhuha merupakan salah satu amalan untuk melancarkan rezeki, disamping juga sholat dhuha mempunyai banyak keutamaan lainya. Untuk itu perlu dipahami doa setelah sholat dhuha agar hati lebih mantap dalam pelaksanaanya, walaupun berdoa dengan bahasa sendiri juga boleh.

Sholat Dhuha adalah shalat sunah yang dilakukan ketika waktu dhuha. Waktu dhuha adalah waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya hingga menjelang waktu dzuhur. 

Jumlah rakaat sholat dhuha dapat dilakukan 2 rakaat, 4 rakaat, 6 rakaat, 8 rakaat, dan maksimal 12 rakaat, diahiri dengan salam dalam setiap 2 rakaat.

Suratan yang digunakan setelah membaca Al-fatihah adalah surat Asy-Syams untuk rakaat pertama dan surat Adh-Dhuhaa untuk rakaat kedua.

Keutamaan Sholat Dhuha 

dilansir dari artikel.rumah123.com Berikut beragam keutaman sholat dhuha yang disadur dari beragam sumber :

1. Sedekah Paling Mudah

Sholat Dhuha merupakan amalan yang bernilai sedekah, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah,"

"Mencegah kemungkaran adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan mengerjakan sholat dhuha dua rakaat." (HR. Muslim dari Abu Dzar).


2. Rezeki Berlimpah

Sholat dhuha adalah amalan yang melancarkan rezeki. Diriwayatkan dari Abdullah bin 'Amr bin 'Ash yang berkata, Rasulullah bersabda,

'Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang lebih cepat selesai perangnya, lebih banyak harta rampasan yang didapat, dan cepatnya kembali (dari medan perang)."

"Yaitu orang yang berwudhu kemudian menuju masjid untuk mengerjakan sholat sunah dhuha."

"Dialah yang lebih cepat selesai perangnya, lebih banyak harta rampasan, dan lebih cepat kembalinya’." (HR. Ahmad).


3. Istana Emas di Surga

Sholat dhuha adalah amalan yang bernilai istana emas di syurga. Rosulullah SAW bersabda "Barangsiapa sholat dhuha dua belas rakaat, maka Allah akan membangun baginya istana dari emas di surga." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).


4. Ampunan

Sholat dhuha dapat mendatangkan ampunan Allah SWT. Allah janjikan ampunan dosa, meski dosa yang sudah diperbuat sangat banyak.

Rosulullah SAW bersabda "Barangsiapa yang menjaga sholat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).


Doa Sesudah Sholat Dhuha

Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ishmatuka."

Allahumma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’assaron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, 

Wa inkaana ba’idan fa qorribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolihiin.


Artinya

"Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu."

Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah.

Apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikan kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih."


Demikian ulasan singkat tentang sholat dhuha dan doanya mudah-mudahan kita semua dilancarkan rezekinya dan dalam segala urusanya. amin

Wallahu a'lam bish-shawabi

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Sesudah Sholat Dhuha Beserta Arab, Latin dan Arti Indonesia. Amalan Melancarkan Rezeki"