Kecepatan Rata-rata Suara dan Faktor yang mempengaruhinya

Kecepatan Rata-rata Suara dan Faktor yang mempengaruhinya


Kecepatan Suara

Kecepatan suara adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kecepatan gelombang suara yang merambat pada medium elastisitas. 

Kecepatan suaran pada suhu rata-rata 20 °C (68 °F) dan kondisi atmosfer normal, suara dapat merambat dalam kecepatan rata-rata 343 m/detik (1238 km/jam). 

Kecepatan rambatan gelombang suara ini dapat berbeda tergantung medium yang dilewati (misalnya suara lebih cepat melalui air daripada udara), sifat-sifat medium tersebut, dan suhu.

Dalam pembahasan sehari-hari, kecepatan suara mengacu kepada kecepatan gelombang suara pada udara. Namun, kecepatan suara dapat berbeda-beda tergantung media rambatnya.


Apa yang mempengaruhi kecepatan suara?

Kerapatan partikel medium yang dilalui bunyi. Semakin rapat susunan partikel medium maka semakin cepat bunyi merambat, sehingga bunyi merambat paling cepat pada zat padat.

Suhu mediumnya, dimana semakin panas suhu medium yang dilalui maka semakin cepat bunyi merambat.

Suara akan lambat dalam media gas, lebih cepat dalam cairan, lebih cepat lagi dalam benda padat. 

Gelombang suara dalam benda padat terdiri dari gelombang-gelombang kompresi, dan sebuah tipe gelombang suara yang disebut gelombang geser, yang hanya muncul pada benda padat. 

Gelombang geser dalam benda padat biasanya merambat pada kecepatan berbeda-beda, seperti ditunjukkan dalam seismologi. Kecepatan gelombang kompresi dalam benda padat ditentukan oleh kompresibilitas, modulus geser, dan densitas medium. Kecepatan gelombang geser ditentukan hanya dari modulus geser dan densitas material padat.

Jadi suara akan lebih cepat merambat pada media padat/ keras dan juga pada suhu yang lebih tinggi

  

Supersonik

Supersonik adalah kecepatan suatu objek yang melebihi kecepatan suara. Dalam kecanggihan teknologi, manusia mampu menciptakan transportasi dalam moda supersonik. Pesawat supersonik yang pernah diciptakan diantaranya :

1. Pesawat Concorde

2. Pesawat Tupolev TU-144

3. Pesawat Sukhoi SU-27

4. Pesawat Rockwell B-1 Lancer

5. Pesawat F-35 Lightning II

 

Posting Komentar untuk "Kecepatan Rata-rata Suara dan Faktor yang mempengaruhinya"