Tanggal Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022 Menurut BRIN, BMKG, Muhammadiyah dan Pemerintah - akurat



Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan tanggal Idul Fitri tahun 2022 atau lebaran. Menurut perkiraan akurat berdasarkan data, Idul Fitri atau lebaran jatuh pada tanggal 2 Mei 2022.  

Tahun 2022 terjadi perbedaan awal puasa sehingga pastilah banyak yang bertanya, apakah lebaranya bareng?

simak penjelasanya...

dilansir dari KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ahli astronomi dan astrofisika Pusat Riset Antariksa BRIN Thomas Djamaluddin memprediksi hari raya Idul Fitri tahun 2022 akan jatuh pada Senin, 2 Mei 2022. Dilansir dari Antara,Thomas menjelaskan bahwa posisi Bulan di Indonesia pada 29 Ramadhan 1443 Hijriah yang jatuh pada 1 Mei 2022 telah memenuhi batas kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura), yakni tingginya sudah di atas 3 derajat dan elongasi sekitar 6,4 derajat.

Artinya, kemungkinan bahwa umat Islam di Indonesia akan melaksanakan Lebaran atau hari raya Idul Fitri pada 2 Mei 2022. "Dengan hisab yang dilakukan di Sumatera juga memenuhi kalau menggunakan elongasi geosentrik. Hasil rukyat, pada sidang isbat akan diterima, ini akan seragam pada 2 Mei 1 Syawalnya," ujar Thomas.

Thomas juga menambahkan bahwa masih ada kemungkinan hari raya Idul Fitri 2022 jatuh pada Selasa, 3 Mei 2022. Pasalnya, Indonesia berada pada batas kriteria imkan rukyat yang secara astronomi sulit dirukyat. Terlebih lagi, potensi mendung dan hujan yang mungkin terjadi di lokasi rukyat. "Jadi ada potensi laporan rukyat menyatakan hilal tidak terlihat," tegas Thomas.

Apabila, pada 1 Mei 2022 hilal tidak terlihat, maka pengamat rukyat akan mengusulkan istikmal dalam sidang isbat. Istikmal merupakan upaya menggenapkan Ramadhan menjadi 30 hari. Sehingga hari raya Idul Fitri akan jatuh pada 3 Mei 2022.


PP Muhammadiyah

Melalui Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. H. Agung Danarto, M.Ag., Penetapan 1 Syawal 1443 Hijriah ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang berpedoman dengan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1443 H jatuh pada tanggal 2 Mei 2022.

H. Agung Danarto juga menyampaikan atas nama PP Muhammadiyah pusat terkait pelaksanaan sholat 'Idul Fitri dan segenap rangkaian seperti takbiran dan zakat dapat diselenggarakan dengan khusuk dan tetap menetapkan prokes terutama masker.

Juga disampaiakn himbauan dalam suasana dan momen idul fitri dapat dimanfaatkan untuk memelihara silaturahim terhadap sanak famili dengan uluk salam setelah 2 tahun terdampak covid.

H. Agung Danarto juga menambahkan kepada para pemudik agar waspada dan hati-hati serta mendo'akan agar selamat sampai tujuan. 



Lebaran Pemerintah

Pemerintah akan menggelar sidang istbat pada tanggal 29 Ramadhan 1443 H. Terkait lebaran Nahdlatul Ulama (NU) akan mengikuti ketentuan pemerintah seperti halnya penentuan 1 Ramadhan.

Sidang istbat didasarkan pada rukyatul hilal, tinggi hilal minimal 3 derajat dan elongasi hilal minimal 6,4 derajat maka sudah masuk bulan berikutnya (yaitu Syawal) dan lembaran akan serentak

Seandainya hilal tidak terlihat maka bilangan puasa digenapkan menjadi 30 hari. artinya idul fitri atau lebara jatuh pada tanggal 3 Mei 2022


Apapun itu mari kita jaga silaturahim dan saling memaafkan.

Semoga bermanfaat. Berbeda boleh, tapi jangan saling menyalahkan. oke...

Posting Komentar untuk "Tanggal Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022 Menurut BRIN, BMKG, Muhammadiyah dan Pemerintah - akurat"