5 Cara Memperingati Harkitnas Tahun 2022, semangat membangun negeri

5 Cara Memperingati Harkitnas Tahun 2022, dengan tema semangat membangun negeri adalah artikel dalam rangka menyemarakan Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei.



Bagaimana cara memperingati Harkitnas tahun 2022?

gurumurid.id mencoba memberikan ulasan cara-cara yang dapat dilakukan dalam memperingati Harkitnas tahun ini. 

Sebelumnya perlu diingat bahwa Hari Kebangkitan Nasional atau disingkat Harkitnas dibentuk pada tanggal 20 Mei 1908 Dr. 

Dr. Soetomo mendirikan organisani yang bergerak melalui pendidikan yaitu Budi Utomo. Budi Utomo (BU) yang merupakan organisasi pergerakan kebangsaan modern pertama di Indonesia.

Budi Utomo dinilai sebagai organisasi yang memprakarsai semangat persatuan nasional Indonesia untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Tanggal berdirinya Budi Utomo diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional

Sejak 1959, tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas, yaitu hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Kepres Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati peristiwa Kebangkitan Nasional Indonesia.

adapun cara-cara yang dapat dilakukan dalam memperingati Harkitnas tahun 2022 diantaranya adalah

1. Melaksanakan atau mengikuti upacara Harkitnas

Terkait dengan situasi pandemi, pelaksanaan upacara tahun ini dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Pada wilayah yang tidak terdampak covid 19, upacara dapat dilakukan secara langsung dengan melibatkan semua unsur dan elemen terkait, tentunya dengan protokol kesehatan.
  • Pada wilayah yang terdampak rendah casus covid 19 kemungkinan dapat melaksanakan upacara secara langsung melalui protokol kesehatan ketat. Peserta upacara dimungkinkan hanya melibatkan perwakilan unsur/ elemen terkait.
  • Pada wilayah terdampak sedang/ tinggi dapat melaksanakan upacara secara virtual. 

2. Mengadakan karnaval bertema Harkitnas 

Karnaval merupakan pertunjukan umum dengan tema tertentu yang biasanya dilakukan dengan berkeliling di jalan-jalan. Pertujukan ditampilkan masing-masing peserta karnaval dengan hasil kreasi masing-masing. Dalam peringatan Harkitnas dapat menyajikan kreatifitas dengan tema persattuan, Pancasila atau Kebhinekaan.   

3. Mengadakan atau mengikuti lomba bertema Harkitnas

Lomba-lomba dalam rangka Harkitnas diantaranya adalah lomba pidato bertema Harkitnas, lomba puisi bertema Harkitnas, dan lomba menggambar. Peringatan dengan cara ini mungkin paling dapat diterima disemua kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak sekolah sampai perguruan tinggi dan juga masyarakat umum baik di lingkungan maupun melalui media sosial.

4. Membuat twibbon bertema Harkitnas

Twibbon Harkitnas merupakan bentuk pastisipasi masyarakat secara online melalui media sosial seperti WA, Facebook, Twitter, Istagram dan lainya. Melalui twibbon masyarakat dapat berpartisipasi dalam perayaan Harkitkas dengan ucapan dan motivasi semangat nasionalisme. 

5. Mengadakan atau menonton pertunjukan bertema Harkitnas

Pertunjukan yang dimaksud dapat berupa film tentang kepahlawanan atau tentang persatuan. pertunjukan juga dapat berupa drama, baik drama kolosal ataupun modern.

Dapat juga diselingi pemutaran lagu-lagu kebangsaan bertema persatuan.


itulah beberapa cara memperingati Harkitnas tahun 2022 versi gurumurid.id
tetap semangat membangun negeri!

Posting Komentar untuk "5 Cara Memperingati Harkitnas Tahun 2022, semangat membangun negeri"