Jangan Salah! Bentuk Energi dan Contoh Perubahanya

Berikut macam-macam bentuk energi dan contoh perubahanya, jangan sampai salah dalam membedakan macam-macam energi. Jika kalian bertanya, apakah energi itu? Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Jadi energi berperan merubah sesuatu baik berupa wujud, sifat, kedudukan,  warna dan lain-lain.

  

1. Energi potensial

Energi potensial merupakan energi yang tersimpan pada sebuah benda atau sesuatu karena posisi atau kedudukannya. Energi potensial terbagi lagi menjadi beberapa beberapa macam, diantaranya energi potensial gravitasi, energi potensial pegas atau elastis, dan energi potensial listrik.

Contoh benda yang jatuh dan air terjun 

2. Energi kinetik

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki sebuah benda bermassa akibat geraknya. Contohnya energi yang terdapat pada air yang sedang mengalir, kendaraan yang melaju kencang, angin yang berhembus  

3. Energi listrik 

Energi listrik adalah energi yang dihasilkan oleh arus listrik yang bekerja pada sebuah perangkat listrik. Contoh listrik yang berasal dari baterei dapat menghidupkan jam, HP, senter. Listrik dari generator dapat dimanfaatkan untuk menyalakan lampu dan audio. Arus listrik dari accu dapat menyetater mobil dan motor 

4. Energi panas 

Energi panas (kalor) adalah energi yang dimiliki benda karena panasnya. Contoh : matahari, panas bumi, api, kompor yang meyala. Energi panas terbagi dua, yaitu energi panas yang tersimpan pada sebuah benda, dan energi panas yang dipindahkan ke benda lain (kalor). Contoh energi panas yang paling besar dan penting adalah matahari. Energi matahari juga bisa membuat air menguap dan melakukan siklus untuk membuat hujan, serta masih banyak lainnya.

5. Energi kimia

Energi kimia adalah Energi kimia adalah energi yang dihasilkan dari proses kimia. Contohnya energi yang terdapat pada accu, baterai, bahan bakar dan pengolahan karbohidrat oleh enzim-enzim yang ada di tubuh kita.

6. Energi nuklir

Manusia juga menciptakan sumber energi lain yang cukup berbahaya, yaitu melalui radioaktif dari uranium dan plutonium. Biasanya kita mengenal energi ini dengan nama energi nuklir. Memang, energi nuklir dapat menghasilkan tenaga yang besar melalui reaksi inti baik reaksi fisi (pemisahan) maupun reaksi fusi (penggabungan), tetapi diperlukan tenaga ahli dan perlengkapan yang memadai untuk menstabilkan reaksinya sebelum bisa digunakan tenaganya. karena jika salah penanganan maka uranium atau plutonium ini bisa meledak dengan kekuatan besar.

7. Energi cahaya

Energi cahaya adalah energi yang dihasilkan oleh benda yang berpijar. Contoh : matahari, bintang, lampu yang menyala

8. Energi bunyi

Terakhir, energi bunyi yang menghasilkan sumber bunyi. Contohnya suara yang dihasilkan dari mesin, alat musik, alat elektronik, dan tepuk tangan.


Cara penghematan energi

- Menggunakan alat listrik seperlunya

- Menggunakan alat listrik secara bergantian

- menggunakan kendaraan bermotor seperlunya


Perubahan bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

1. Energi kimia menjadi gerak, 

Contoh : tubuh kita dapat bergerak, mobil-mobilan yang menggunakan baterei, kendaraan bermotor

2. Energi kimia menjadi panas

Contoh : kompor gas, kompor minyak, pembakaran sate dengan arang.

3. Energi kimia menjadi listrik

Contoh : accu pada kendaraan, mobil-mobilan.

4. Energi listrik menjadi cahaya

Contoh : penggunaan lampu listrik

5. Energi listrik menjadi bunyi

Contoh : radio, tape recorder, televisi, bel listrik

6. Energi listrik menjadi gerak

Contoh : bor listrik, blender, kipas angin

7. Eenergi listrik menjadi panas

Contoh : strika listrik, magic jar, solder listrik

8. Energi gerak menjadi listrik

Contoh : dinamo sepeda, generator.

9. Energi gerak menjadi panas

Contoh : menggosokan 2 benda.

Posting Komentar untuk "Jangan Salah! Bentuk Energi dan Contoh Perubahanya"