Keteladanan Nabi Daud, Suara Termerdu Sepanjang Zaman

Berikut keteladanan Nabi Daud AS, disamping ia memiliki suara termerdu sepanjang zaman, Nabi daud gemar bertasbih dan berpuasa. Ia merupakan raja yang berani, adil dan bijaksana.


Nabi merupakan orang yang dianugerahi untuk menerima wahyu dari Allah SWT. Konsep utama ajaran yang dibawa nabi adalah untuk meng-esa-kan Allah SWT melalui ajaran-ajaran mulia. 

Untuk itu sebagai manusia yang hidup jauh dari zaman nabi, kita perlu mempelajari sejarah nabi untuk menambah keimanan dan mengambil nalai ketauladanan. 

Dalam artikel ini gurumurid.id menyajikan kisah dan keteladanan dari Nabi Daud AS.

Nabi Daud diperkirakan hidup pada masa 1040 SM (sebelum masehi) sampai 970 SM (sebelum masehi). Dari catatan Kitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen, Nabi Daud lahir di Betlehem, Efrata, di wilayah Yehuda atau yang kini dikenal sebagai Kota Yerusalem.

Nabi Daud AS adalah keturunan ke-13 dari nabi Ibrahim AS. Nabi Daud AS juga termasuk dalam 25 nabi yang wajib kita ketahui. 


Nabi Daud AS Menjadi Raja sekaligus Rosul

Nabi Dāūd a.s. adalah salah seorang nabi dari Bani Israil, yaitu dari Sibith Yahuda. Ia merupakan keturunan ke-13 dari Nabi Ibrāh³m a.s. Nabi Dāūd a.s. hidup pada masa Raja Talut yang beriman dan Raja Jalut yang kafir. 

Ketika itu terjadi peperangan antara tentara Talut dan tentara Jālūt . Tentara Talut dapat mengalahkan Jālūt serta bala tentaranya dengan izin Allah Swt., dan Nabi Dāūd a.s. adalah salah seorang bala tentara Tālūt yang dapat membunuh raja Jālūt.

Suatu ketika, sesudah Raja Tālūt wafat, Nabi Dāwūd a.s. diangkat menjadi raja. Keberaniannya luar biasa, dia tidak melarikan diri ketika bertemu musuh. Allah Swt. memberikan kerajaan dan ilmu pengetahuan kepada Nabi Dāūd a.s. Kemudian Allah Swt. mengangkatnya menjadi rasul dan memberikan karunia yang agung, yaitu kitab Zabur. Sebagaimana Firman Allah Swt. berikut ini

Artinya: Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. dan Sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Dāūd. (Q.S. al-Isra'/17: 55)


Keistimewaan Nabi Dāūd a.s. lainnya adalah setiap pagi dan senja gunung-gunung bertasbih mengikuti tasbih Nabi Dāūd a.s. Ia juga memahami bahasa burung-burung. Binatang juga mengikuti tasbih Nabi Dāūd a.s. Selain itu, kerajaannya yang kuat belum pernah sekalipun dapat terkalahkan. Sebaliknya, Nabi Dāūd a.s. selalu mendapat kemenangan dari semua lawannya. Ia menduduki takhta kerajaan selama 40 tahun

Mu'jizat Nabi Daud AS

1. Kitab Zabur adalah mu’jizāt bagi Nabi Dāūd a.s. 

2. Nabi Dāūd AS dapat melunakkan besi seperti lilin, kemudian ia dapat mengubah-ubah bentuk besi itu tanpa memerlukan api atau peralatan apa pun. Dari besi itu, ia dapat membuat baju besi yang dikukuhkan dengan tenunan dari bulatan-bulatan rantai yang saling menjalin secara berkesinambungan. 

Jenis baju ini membuat pemakainya lebih bebas bergerak, karena tidak kaku seperti baju besi biasa yang dibuat dari besi lembaran. 

Tentang mu’jizāt-nya ini disebutkan dalam Surat Saba‘/34: 10-11 dan Surat al-Anbiyâ’/21: 80. Allah Swt. memberi baju besi sebagai mu’jizat kepada Nabi Dāūd guna melindungi prajurit dari serangan musuh Allah.

Nabi Dāūd a.s. adalah seorang Nabi yang amat taat kepada Allah, mempunyai kekuatan di dalam beribadah terutama salat malam dan berpuasa separuh tahun, yaitu sehari berpuasa dan sehari berbuka, berselang seling, serta banyak beramal Shālih. 

3. Nabi Dāwūd a.s mempunyai suara yang sangat merdu yang tidak ada bandingannya dari dahulu hingga sekarang. Apabila ia bernyanyi melagukan isi kitab Zabur, maka gunung-gunung dan burung-burung ikut bertasbih bersama Nabi Dāūd a.s.

Itulah secuil dari kisah Nabi Daud AS. Dari kajian diatas, pelajaran yang dapat diambil diantaranya :
• Nabi Dāūd a.s. menerima kitab Zabur dari Allah SWT
• Nabi Dāūd a.s. gemar bertasbih kepada Allah Swt.
• Nabi Dāūd a.s. dapat menciptakan baju besi
• Nabi Dāūd a.s. adalah manusia yang memiliki suara paling merdu 
• Nabi Dāūd a.s. gemar berpuasa
• Nabi Dāūd a.s. adalah raja yang pemberani

Keteladanan yang perlu kita contoh diantaranya
1. Kita harus gemar bertasbih kepada Allah SWT
2. Kita harus mampu berkreasi dengan bakat dan kemampuan masing-masing
3. Kita harus rajin beribadah (puasa)
4. Kita harus berani dalam kebaikan

Posting Komentar untuk "Keteladanan Nabi Daud, Suara Termerdu Sepanjang Zaman "