Nabi Sulaiman (Zaman Setelah Nabi Daud), Menundukkan Ratu Balqis

Zaman Nabi Sulaiman adalah Setelah Nabi Daud, karena Nabi Sulaiman AS adalah putra Nabi Daud AS. Dalam kajian ini gurumurid.id mengambil salah satu kisah yang terkenal yaitu Nabi Sulaiman menundukkan Ratu Baliqis dimana burung hud hud juga berperan penting didalamnya. Nabi Sulaiman merupakan generasi penerus Nabi Daud. Setelah wafat, Nabi Sulaiman AS menggantikannya sebagai raja. 


Mu’jizat Nabi Sulaiaman

1. Nabi Sulaiman diberi keistimewaan oleh Allah Swt., yaitu dapat memerintah bukan hanya kepada manusia, melainkan juga kepada hewan, angin, dan jin. 

2. Nabi Sulaiman a.s dapat menjadikan angin bertiup atas perintahnya ke tempat yang ia kehendaki. 

3. Allah Swt pun menundukkan jin-jin untuk melayani Nabi Sulaiman. Di antara mereka ada yang dapat membangun istana dan benteng-benteng, ada yang bertugas menyelam di laut untuk mengeluarkan mutiara dan batu-batu mulia. Allah Swt. memberi kekuasaan pada Nabi Sulaimān a.s. atas setan-setan yang kafir sehingga ia mampu mengikat mereka untuk mencegah kejahatannya. 

4. Allah Swt. juga memberinya mukjizat berupa kemampuan mengerti bahasa binatang. 


Nabi Sulaiman Memiliki Kerajaan yang Kuat dan Kaya Raya

kisah ini dikutip dari kumparan.com. "Kisah Burung Hud Hud dan Nabi Sulaiman". Nabi Sulaiman dianugerahi istana dan kerajaan yang besar dan megah oleh Allah SWT. Pasukannya begitu kuat yang terdiri dari manusia, jin, dan hewan. Salah satu hewan yang menjadi pasukannya adalah burung hud hud, yang ditugaskan untuk mencari informasi dari daerah lawan.

Suatu hari, burung hud hud terbang di negeri Saba’. Burung itu melihat ada kerajaan dengan istana megah di dalamnya. Kerajaan itu dipimpin oleh ratu cantik yang bernama Balqis. Ia dan pasukanya adalah penyembah matahari.

Setelah kembali ke kerajaan Nabi Sulaiman, burung hud hud menyampaikan apa yang dilihat dari kerajaan Ratu Balqis di negeri Saba' tersebut.

Kemudian Nabi Sulaiman menuliskan surat dengan bahasa yang sopan dan luhur kepada Ratu Balqis. Ia mengajak Ratu Balqis beserta seluruh rakyatnya untuk meninggalkan sembahan matahari dan beralih menyembah Allah SWT.

Ratu Balqis membalas surat Nabi Sulaiman dengan mengirim utusannya untuk memberikan hadiah kepadanya. Singkat cerita, pasukan Ratu Balqis disambut dengan hangat. Mereka amat terkejut melihat istana yang begitu megah dan mewah, dengan pasukan gagah dari golongan manusia, jin, dan hewan. Sang utusan pun menjadi gentar dibuatnya.

Dengan halus, Sulaiman menolak hadiah sang utusan dan ia berkata, "Apakah kamu patut menolong aku dengan harta? Allah telah memberiku lebih dari apa yang Dia berikan kepadamu."

Ratu Balqis merasa takjub dan ingin menemui Sulaiman. Mendengar itu, burung hud hud pun kembali ke kerajaannya. 

Nabi Sulaiman mengundang Ratu Balqis ke istananya dan Ratu Balqispun menerima undangan tersebut.

Saat Ratu Balqis akan berkunjung, burung hud hud melaporkan akan kedatangan Ratu Balqis ke kerajaan Sulaiman.

"Apa yang paling disukai rakyat negeri Saba' wahal Hud hud?"  tanya Sulaiman kepada hud hud.

"Mereka paling bangga akan singgasana ratu yang megah, Tuanku."  jawab burung hud hud.

Sulaiman pun memerintahkan anak buahnya untuk mengambil singgasana Ratu Balqis dari negeri Saba'. Kemudian, singgasana itu diubahnya sedikit.

Setibanya Ratu Balqis di kerajaan Sulaiman, alangkah terkejutnya dia melihat singgasananya telah berada di depannya. Ratu Balqis pun takjub dengan singgasananya yang telah berpindah sejauh ribuan kilometer ke kerajaan Sulaiman.

Ratu Balqis terpana dan kagum dengan kerajaan Nabi Sulaiman dengan lantai istana yang terbuat dari kaca yang di bawahnya terdapat kolam. 

Melihat pemandangan itu, Ratu Balqis hendak menyingkap sedikit pakaian yang menutupi betisnya karena ia mencegah air mengenai pakaian itu.

Namun, Nabi Sulaiman terlebih dahulu berkata, “Sesungguhnya ini hanyalah lantai istana yang dilapisi kaca.” Semua yang dimiliki semata-mata hanyalah karunia Allah SWT yang dititipkan kepadaku.

Penjelasan Nabi Sulaiman membuat Ratu Balqis malu, lalu dengan sungguh-sungguh ia berkata, “Ya Tuhanku, sungguh aku telah berbuat zalim terhadap diriku, aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Tuhan seluruh alam.” Ahirnya Ratu Balqis tunduk dan memeluk agama Islam.


Pelajaran yang perlu dipetik: 

• Nabi Sulaimān a.s. adalah raja yang kaya raya dan berkuasa tetapi tetap rendah hati, patuh dan tunduk pada perintah Allah Swt.

• Nabi Sulaimān a.s. dapat berbicara dan memerintah bukan hanya kepada manusia, melainkan juga kepada hewan, angin, dan jin.

• Nabi Sulaimān a.s. mampu mengikat jin-jin kafir untuk mencegah kejahatan mereka.

• Nabi Sulaimān a.s. berbuat bijak dalam menegakan keimanan kepada Allah


Posting Komentar untuk "Nabi Sulaiman (Zaman Setelah Nabi Daud), Menundukkan Ratu Balqis"