Bagian Tumbuhan dan Fungsinya, Materi Kelas 4 SD smt 1 (akar, batang, daun, bunga buah)

Berikut adalah materi kelas 4 SD smt 1 Bagian tumbuhan dan fungsinya yang terdiri dari akar, batang, daun, bunga, buah serta bijinya. Disamping itu juga ada contoh dan fungsi dari bagian tumbuhan tersebut. yuuk kita simak selengkapnya ...


Mengenal Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya

Secara umum tumbuhan memiliki bagian yang terdiri dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Buah.

1. Akar

Akar adalah bagian yang penting bagi tumbuhan. Jika akar dipotong, maka tumbuhan tidak bisa mengambil nutrisi dari dalam tanah dan akan mati. 

Akar pada tumbuhan ada 2 jenis, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar juga bisa menjadi tempat menyimpan cadangan makanan bagi tumbuhan seperti wortel. Tanaman wortel memiliki jenis akar tunggang. Tanaman ini menyimpan cadangan makanannya di dalam akar. 

Lalu, bagaimana jika cadangan makanan disimpan di akar serabut? Jadinya akan seperti tanaman singkong. Setiap akar cabang pada akar serabut akan tumbuh besar menjadi singkong.

Cadangan makanan yang tersimpan dan membesar ini bisa kita sebut sebagai umbi. Wortel dan singkong adalah contoh umbi akar. Kentang dan ubi jalar adalah contoh umbi batang.



Akar tunggang mampu menyimpan berbagai macam bahan makanan yang berasal dari proses penyerapan sari-sari, unsur hara, dan air, sedangkan akar serabut berfungsi sebagai penopang tanaman monokotil supaya bisa tumbuh dengan kokoh. 

Fungsi akar secara umum meliputi :

- Mengisap air dan mineral dari tanah dan meneruskannya ke batang.

- Menegakkan dan memperkokoh berdirinya  batang.

- Menyimpan cadangan makanan, misalnya pada ubi jalar, lobak, dan wortel.

Baca juga : Tanaman yang cocok di dataran tinggi

2. Batang

Batang adalah bagian tumbuhan yang berada di atas tanah. Batang menjadi tempat tumbuhnya cabang dan ranting. Pada batang tumbuhan dikotil terdapat kambium yang menyebabkan tumbuhan jenis ini dapat bertambah besar, tinggi, dan bercabang. 

Pada tumbuhan monokotil tidak memiliki kambium sehingga ukurannya cenderung lebih kecil dan tidak bercabang. Fungsi batang antara lain:

Fungsi batang diantaranya :

- Tempat tumbuhnya daun, bunga, dan buah.

- Jalan untuk mengangkut air dan mineral dari akar ke daun.

- Mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

- Menyimpan cadangan makanan, misalnya pada tebu dan sagu.

3. Daun

Daun berfungsi sebagai tempat pembuatan zat makanan melalui proses fotosintesis atau proses pembuatan zat makanan melalui bantuan sinar matahari. 

Bentuk daun pada tumbuhan dikotil dan monokotil berbeda. Pada tumbuhan dikotil, tulang daunnya menyirip, seperti pada daun mangga, jambu, dan nangka. Sedangkan, pada tumbuhan monokotil, tulang daunnya sejajar, seperti pada jenis rumput-rumputan.

4. Bunga

Buanga merupakan alat perkembangbiakan pada tumbuhan. Bunga terbagi menjadi bunga lengkap dan bunga tidak lengkap. Untuk bunga lengkap terdiri dari :

- Tangkai, untuk menghubungkan bunga dengan batang.

- Kelopak, sebagai pembungkus bunga sebelum mekar.

- Mahkota, sebagai perhiasan yang menentukan keindahan bunga.

- Benang sari, sebagai alat perkembangbiakan jantan.

- Putik, sebagai alat perkembangbiakan betina.

Ketika putik dan benang sari bertemu, terjadi penyerbukan yang dapat menghasilkan buah. Proses penyerbukan ini dapat dibantu air, angin, dan serangga.

Baca juga : Perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dan vegetatif

5. Buah

Buah adalah bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Buah juga dapat dimakan langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu, seperti buah mangga, pisang, dan stroberi.

6. Biji

Biji merupakan cikal bakal tumbuhan baru. Berdasarkan jumlah kepingnya, biji dibedakan menjadi biji berkeping satu (monokotil) dan biji berkeping dua (dikotil).

Contoh monokotil yaitu kelapa, padi, rumput, jagung, dan pepaya. Contoh dikotil antara lain mangga, durian, dan kacang tanah.


Inti dari bagian-bagian tumbuhan dapat disimpulkan sebagai berikut

1. Tumbuhan mempunyai bagian tubuh yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan, melindungi diri,     dan berkembang biak.

2. Umumnya, hampir semua tumbuhan memiliki:

    a. Akar: untuk menyerap air dari dalam tanah dan menahan tumbuhan tertanam kuat di tanah;

    b. Batang: untuk menyalurkan air dan makanan ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Batang juga             membuat tumbuhan dapat berdiri kokoh;

    c. Daun: sebagai tempat menghasilkan makanan. 

3. Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan. 

4. Buah merupakan hasil perkembangbiakan tumbuhan. Pada buah terdapat biji yang diselimuti daging.

Posting Komentar untuk "Bagian Tumbuhan dan Fungsinya, Materi Kelas 4 SD smt 1 (akar, batang, daun, bunga buah)"