Download Buku Bahasa Inggris Kelas 1 Kurikulum Merdeka (untuk siswa dan guru)

Download Buku Bahasa Inggris Kelas 1 Kurikulum Merdeka untuk siswa dan guru merupakan kumpulan file PDF buku kurikulum merdeka. pada laman ini juga gurumurid.id menyediakan file mata pelajaran lain dalam pdf untuk kelas 1 dan link kelas 4 sekolah dasar

Sejak Tahun Pelajaran 2021/2022 Kurikulum Merdeka telah diimplementasikan di hampir 2.500 sekolah yang mengikuti Program Sekolah Penggerak (PSP) dan 901 SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) sebagai bagian dari pembelajaran dengan paradigma baru dan peralihan dari kurikulum 2013.

Penerapan Kurikulum Merdeka


Pemerintah menyiapkan angket untuk membantu satuan pendidikan menilai tahap kesiapan dirinya untuk menggunakan Kurikulum Merdeka. Tiga pilihan yang dapat diputuskan satuan pendidikan tentang implementasi Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran 2022/2023:

● Satuan pendidikan dapt menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan.

● Satuan pendidikan dapt menerapkan Kurikulum Merdeka menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan

● Menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar.

Download Buku Bahasa Inggris Kelas 1 Kurikulum Merdeka (untuk siswa dan guru)

Kurikulum Merdeka Memiliki Beberapa Keunggulan

1. Lebih Sederhana  

Kurikulum merdeka lebih fokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya. Belajar menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak terburu-buru dan menyenangkan.

2 Lebih Merdeka

Peserta didik : Tidak ada program peminatan di SMA, peserta didik memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasinya.

Guru : Guru mengajar sesuai tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

Sekolah : memiliki wewenang untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik.

3. Lebih Relevan dan Interaktif

Pembelajaran melalui kegiatan projek memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual misalnya isu lingkungan, kesehatan, dan lainnya untuk mendukung pengembangan karakter dan kompetensi Profil Pelajar Pancasila.


Perangkat Ajar 

Perangkat ajar meliputi buku teks pelajaran, modul ajar, modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh-contoh kurikulum operasional satuan pendidikan, video pembelajaran, serta bentuk lainnya. Pendidik dalam hal ini guru dapat menggunakan berbagai perangkat ajar dari berbagai sumber.

Perangkat ajar dapat langsung digunakan pendidik untuk mengajar atau sebagai referensi atau inspirasi dalam merancang pembelajaran yang efektif.



Karakteristik Kurikulum Merdeka

1. Lebih fokus pada materi yang esensial

Dengan fokus pada materi yang esensial atau yang perlu sekali, maka beban belajar di setiap mata pelajaran menjadi lebih sedikit. 

Hal tersebut bertujuan agar guru mempunyai lebih banyak waktu untuk menerapkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif, seperti diskusi dan argumentasi atau pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis projek;

Tidak hanya itu, guru mempunyai banyak waktu untuk memperhatikan proses pembelajaran murid, misalnya menerapkan asesmen formatif, sehingga guru paham kemampuan awal murid atau memberikan umpan balik dan masukan bagi tugas-tugas yang dikumpulkan murid kita atau sekedar mendengarkan mereka untuk lebih memahami kebutuhannya. 

Disamping itu, sekolah juga mempunyai ruang yang lebih banyak untuk menggunakan materi yang kontekstual, sesuai dengan visi misi sekolah atau kondisi lingkungan sekitar. 

Dengan demikian, murid memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermakna sekaligus lebih menyenangkan.

Baca juga : Download Buku Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka

2. Stuktur kurikulum yang lebih Fleksibel

Kompetensi atau capaian pembelajaran ditetapkan oleh Kemendikbudristek tidak lagi untuk setiap tahun, tetapi untuk setiap fase. Contohnya untuk SD, Kemendikbudristek menetapkan capaian fase A di akhir kelas 2, fase B di akhir kelas 4, dan fase C di akhir kelas 6.

Guru lebih leluasa dalam merancang alur dan kecepatan pembelajaran yang lebih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan muridnya. 

Alokasi jam jam pelajaran juga tidak dikunci per minggu, melainkan per tahun. Sekolah bisa lebih fleksibel dalam merancang kurikulum operasionalnya. 


3. Tersedianya banyak perangkat ajar

Tersedia banyak alat bantu bagi guru untuk mengajar, seperti buku teks, modul ajar, asesemen literasi dan numerasi yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Perangkat tersebut dapat langsung digunakan guru atau dapat dimodifikasi atau diadaptasi sesuai keperluan. 

Ada juga modul-modul pelatihan yang bisa diikuti oleh guru dan kepala sekolah secara mandiri. Semua itu akan disediakan di aplikasi android dan website yang bernama Platform Merdeka Mengajar.

Dari 3 (tiga) karakteristik ini tentu akan membantu guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan bermakna bagi murid. Pembelajaran yang menumbuh-kembangkan murid secara holistik, untuk menjadi pelajar Pancasila yang memiliki identitas ke Indonesiaan yang kuat dan siap menghadapi masa depan.

Kemdikbud terus berupaya untuk mensosialisasikan buku teks dan kurikulum Merdeka. Dengan demikian rekan-rekan guru telah dapat mendownload Buku Kurikulum Merdeka Kelas 1 dan 4 baik yang untuk panduan guru maupun buku pegangan siswa.  


Buku Kurikulum Merdeka Kelas 1

Buku Siswa PAI-BP Kelas 1 (Download disini)

Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 1 (Download disini)

Buku Siswa Matematika Kelas 1 (Download disini)

Buku Siswa Bahasa Inggris Kelas 1 (Download disini)

Buku Panduan Guru PPKn (Download disini)

Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia (Download disini)

Buku Panduan Guru Matematika (Download disini)

Buku Panduan Guru Bahasa Inggris (Download disini)

Buku Panduan Guru Seni Musik (Download disini)

Buku Panduan Guru Seni Rupa (Download disini)

Buku Panduan Guru Seni Tari (Download disini)

Buku Panduan Guru Seni Teater (Download disini)


Semoga bermanfaat... jangan lupa coment di bawah y...    

Posting Komentar untuk "Download Buku Bahasa Inggris Kelas 1 Kurikulum Merdeka (untuk siswa dan guru)"