Kunci Jawaban Materi Fotosintesis Proses Paling Penting di Bumi, Buku IPAS halaman 13 Kurikulum Merdeka


Berikut adalah Kunci Jawaban Materi Fotosintesis Proses Paling Penting di Bumi, pengayaan materi kelas 4 SD semester 1 Kurmer. Disamping itu juga ada beberapa materi strategis yang dapat menambah wawasan pengetahuan serta pembahasan tentangp entingnya fotosintesis. yuuk kita simak selengkapnya ...

Fotosintesis adalah proses menghasilkan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan. Untuk berfotosintesis tumbuhan membutuhkan cahaya matahari, air, karbon dioksida, dan klorofil. Hasil dari fotosintesis adalah karbohidrat dan oksigen. Sumber makanan di Bumi dan udara untuk bernapas dihasilkan dari proses fotosintesis

Manusia dan hewan akan mencari makanan jika merasakan lapar. Hewan akan bergerak mencari mangsa. Manusia akan memasak atau pergi membeli kebutuhannya. Bagaimana dengan tumbuhan? 

Makhluk hidup ini tidak berpindah-pindah tempat seperti kita. Tidak juga memiliki mulut. Namun, sama seperti semua makhluk hidup lainnya, tumbuhan juga membutuhkan makanan. Caranya melalui proses fotosintesis. 

Pada pembelajaran Kurikulum merdeka buku kelas 4 mapel IPAS Bab I Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi terdiri dari 3 topik yaitu : 

Tujuan Pembelajaran : Mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan mendeskripsikan fungsinya.

===> Soal UH IPAS Kelas 4 Semester 1 Bagian-bagian tumbuhan

Tujuan Pembelajaran : Mendeskripsikan proses fotosintesis dan mengaitkan pentingnya proses ini bagi makhluk hidup.

===> Soal UH IPAS Kelas 4 Semester 1 Fotosintesis, Proses paling penting di bumi

Topik C : Perkembangbiakan Tumbuhan

Tujuan Pembelajaran : Membuat simulasi menggunakan bagan atau alat bantu sederhana tentang siklus hidup tumbuhan.

Baca juga : Download buku kelas 1 dan 4 SD/MI Kurikulum Merdeka


Berikut adalah Kunci Jawaban Materi Fotosintesis Proses Paling Penting di Bumi

1. Darimana tumbuhan mendapatkan karbondioksida untuk proses fotosintesis?
Jawaban : Tumbuhan mendapatkan karbondioksida dari udara yang dikeluarkan oleh manusia dan hewan saat bernafas, udara tersebut kaya akan karbondioksida.

2. Dari mana manusia mendapatkan oksigen untuk bernapas?
Jawaban : dari proses fotosintesis pada tumbuhan

3. Apa hubungan antara tumbuhan, manusia, dan hewan pada proses fotosintesis?
Jawaban : Tumbuhan berperan penting dalam menghasilkan oksigen yang dibutuhkan manusia dan hewan untuk bernafas, sementara tumbuhan membutuhkan karbondioksida yang dihasilkan dari sisa pernafasan manusia dan hewan.

4. Mengapa proses fotosintesis adalah proses yang penting di bumi?
Jawaban : Karena proses fotosintesis menghasilkan oksigen, dan oksigen merupakan zat digunakan untuk bernafas manusia dan hewan. 

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Materi Fotosintesis Proses Paling Penting di Bumi, Buku IPAS halaman 13 Kurikulum Merdeka"