Konjungsi/ Kata Hubung, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 45 dan 46

Berikut Konjungsi/ Kata Hubung, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 45 dan 46. Pada halaman 45 dan 46 terdapat materi Konjungsi atau kata hubung. Pada artikel sebelumnya yaitu 40 sampai 43 telah dibahas materi "Ada Vampir di Rumah Ini". Yuk, belajar lagi...



Artikel ini diterbilkan untuk membantu belajar kalian di rumah. 

Langsung saja ya....
Pada artikel ini dibahas singkat tentang konjungsi atau kata hubung yaitu materi bahasa Indonesia kelas 4 halaman 45 dan 46. Dalam belajara bahasa Indonesia, apabila menemukan kata-kata yang dianggap sulit maka kalian dapat mencarinya dari beberapa sumber diantaranya melalui web kbbi.web.id 

Untuk membantu belajar khususnya kelas 4 diperlukan buku panduan belajar, gurumurid.id juga menyediakan file buku kelas 4 kurikulum merdeka
 
Oya bagi kalian yang pingin mengasah kemampuan dapat membuka laman berikut. Lumayan lho... buat mengasah kemampuan dan menambah wawasan.
 

3. Soal Ulangan Harian (UH) Kelas 4 Bab 1 Semester 1 Perkembangbiakan tumbuhan


Berikut Konjungsi/ Kata Hubung, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 45 dan 46

KONJUNGSI ATAU KATA HUBUNG

Baca juga materi sebelumnya : Ada Vampir di Rumah Kita, Materi Bahasa kelas 4 hal 43


Dari contoh diatas, kalian bisa melihat bahwa ketiga kalimat itu dapat diuraikan menjadi dua kalimat terpisah. Kalimat seperti itu disebut kalimat majemuk. 

Kalimat majemuk adalah kalimat yang dibentuk dengan cara menggabungkan dua kalimat atau lebih. Untuk menyambungkan antarkalimat penyusun ini, biasanya digunakan kata hubung atau konjungsi.

Pada contoh-contoh di atas, kedua kalimat penyusun memiliki kedudukan yang sederajat. Keduanya dapat menjadi kalimat sendiri kalau konjungsi dihilangkan. Kalimat majemuk yang seperti ini disebut kalimat majemuk setara. 

Konjungsi yang biasa dipakai dalam kalimat majemuk setara antara lain adalah dan (untuk menghubungkan kalimat yang situasinya sama), tetapi (untuk menghubungkan kalimat yang situasinya berlawanan), sehingga (untuk menghubungkan kalimat yang merupakan sebab akibat), dan lain-lain. 

Di bawah ini ada beberapa kalimat yang bisa kalian jadikan contoh untuk latihan. Menggabungkan dua kalimat berikut ini menjadi satu kalimat majemuk menggunakan konjungsi yang tepat. 



Baca Juga materi selanjutnya : Awalan "ber" beserta Jawabanya

Disclaimer: Kunci jawaban berikut merupakan contoh dan tidak bersifat mutlak. Siswa siswa diharapkan dengan jawaban lain pada jawaban yang bersifat terbuka. 

Posting Komentar untuk "Konjungsi/ Kata Hubung, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 45 dan 46"